Wifi dan Ethernet LAN tidak Aktif di Ubuntu

Saya pribadi selama meng-install ubuntu diberbagai merk laptop belum pernah sob mengalami wifi tidak aktif di Ubuntu Alhadulillah. Nah tapi sob beberapa teman saya yang menginstall ubuntu di laptopnya kadang wifi-nya tidak aktif kadang ethernet juga ikutan tidak aktif, setelah melihat dan menganalisa ternyata ada beberapa sebab sob diantaranya :

Wifi dan Ethernet LAN tidak Aktif di Ubuntu


1. Wifi Belum di UP
Nah ini nih ada teman saya yang engalami seperti ini, padahal key di laptop sudah di tekan aktifkan kalo seperti ini kita bisa aktifkan manual sob dengan menggetikkan perintah di terminal

sudo ifconfig wlan0 up

Nah setelah di UP ternyata hidup, penyebabnya karena driver keyboard nya masih jadul jadi tidak bisa mngenali hot keys tertentu. Solusinya ya update sob aplikasi ubuntunya atau update kernelnya. Jika menjalankan perintah di atas gagal atau ada peringatan berarti harus install drivernya.

2. Driver
Masalah driver solusinya tinggal install driver sob, perlukah install driver di ubuntu? nah masalahnya kita harus mencari driver yang cocok sob pake trial and errror nih solusi mencari :

- Cari berdasarkan merk dan tipe laptop
- Cari berdasarkan merk wifi misal : atheros, atau boardcom

Nah kalo sudah ketemu tinggal install sob, saya ambil contoh ya salah satu driver yang saya dapat dulu bekas punya teman saya.

driver atheros donload disini http://goo.gl/8tqTr, installnya berbeda-beda ya sob setiap driver tergantung penyedianya, nah kalo ini tinggal di ekstrak pake perintah

sudo tar xvf Broadcom_Firmware.tar.gz -C /lib/firmware/

Lalu restart, setelah restart masih mati? coba pake perintah di solusi 1.

3. Software dan Kernel jadul
Untuk ubuntu versi 10.04 saya rasa wajar jika tidak mengenal hardware laptop baru karena beda zamannya, kecuali kalau kernel sudah di update, nah solusinya pakai versi-versi ubuntu terbaru sob dan jangan lupa update terus aplikasi dan softwarenya ya.

Nah itu beberapa solusi yang saya dapat sob, kalo ada yang mau nambahin silahkan sob sharing ilmunya. 
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment