Perintah Dasar Linux Ubuntu untuk Pemula

Jika sobat mulai menggunakan linux atau ubuntu baik pada distro linux apa saja tentu akan bersinggungan dengan yang namanya perintah, perintah ini biasanya diketikan di terminal ubuntu, perintah dasar linux ubuntu tidak jauh berbda dengan perintah linux lainnya sob jadi sekali belajar sudah bisa memakai perintah ini di berbagai distro linux.

Perintah Dasar Linux Ubuntu untuk Pemula

Saya akan mempermudah pembagian perintah ubuntu ini jadi akan saya fokuskan pada perintah yang penting di ubuntu saja, selebihnya sobat bisa kembangkan sendiri yah. Oke kita mulai sob.

Perintah Dasar Linux Ubuntu

Berikut pembagian perintah dasar dilinux.

File & Folder

Perintah tentang direktori ini penting sob, karena dalam menggunakan ubnutu akan sangat sering dipakai, dan harus hafal, perintah itu adalah

1. cd (change directory)

Fungsinya adalah untuk berganti direktori dimana terminal akan mengeksekusi. Secara default terminal akan berada di direktori home user, ditandai dengan "...:~$"

username@nama_pc:~$

Artinya saya ada di folder /home/hudhud jadi perintah yang akan saya eksekusi akan berpengaruh pada direktori /home/hudhud. Misal saya mendownload melalui terminal dengan wget link_download maka hasil download ada dibagian home sob, tetapi jika saya ganti direktori saya misal ke Desktop

cd Desktop/

Lalu saya mendownload file dengan perintah wget link_download, maka file hasil download akan berada di Desktop. 

Cara penggunaan cd (change directory)

cd folder_yang_dituju

contoh (posisi saya di home hudhud@PC:~$)

cd Desktop 

maka akan berubah ke folder Desktop

hudhud@PC:~/Desktop$ 

Penasaran? coba saja sob perintah dibawah ini untuk mendownload file untuk contoh

wget http://download.quranicaudio.com/quran/nasser_bin_ali_alqatami/001.mp3

Download di home dan download di Desktop, maka lihat perbedaannya.

Perintah Penting cd

  • untuk kembali ke filder home cukup ketikkan cd tanpa ditektori
  • untuk mundur satu folder ketikkan cd ..
  • lambang ~ adalah directory home

2. mkdir  (make directory)

perintah mkdir untuk membuat folder dari terminal kita gunakan perintah mkdir. contoh saya akan membuat folder ubuntu maka perintah yang saya lakukan adalah

mkdir ubuntu

lalu folder yang saya buat ada dimana? itu tergantung terminal kita aktif di direktori mana? ini berkaitan dengan perintah cd diatas, monggo dibaca lagi :)

Untuk membuat sub directory bisa dengan mengetikkan dengan perintah

mkdir utama utama/subdirektori

Folder subdirektori akan ada di folder utama, monggo di praktekan biar lancar hehehe.

3. cp (copy)

Perintah cd adalah untuk mengcopy file atau folder. Cara menggunakan perintah ini adalah dengan menentukan file yang akan dicopy lalu tentukan directory tujuan, misal

cp contoh.txt ~/Document

Artinya saya meng copy file contoh.txt ke folder Document. Untuk mengcopy folder diperlukan perintah tambahan yaitu '-r' misal saya ingin mencopy folder contoh ke Document

cp -r contoh Document

atau jika posisi terminal tidak di home

cp -r contoh ~/Document

-r akan mengcopy folder dengan seluruh isinya.

4. ls (list)

Perintah ls akan menghasilkan list file yang ada di folder tempat terminal kita berada. disini saya akan coba untuk folder home saya.

Perintah Dasar Linux Ubuntu untuk Pemula



Perintah ls biasa digunakan untuk melihat apakah file di suatu direktori itu ada atau tidak, perintah ls biasa dikombinasikan dengan parameter -l, Ini bertujuan untuk melihat permission dari file, apakah dapat di eksekusi atau tidak.

ls -l

Perintah Dasar Linux Ubuntu untuk Pemula

5. chmod (change mode)

Perintah chmod adalah untuk menset file permission di ubuntu, saya sudah bahas disini Baca : File Permission di Ubuntu

6. mv (move)

Perintah mv adalah untuk memindahkan file atau merename file. Format mv nama_file direktori_tujuan. Contoh memindahkan file

mv file.txt Desktop

Rename  mv nama_file nama_baru

mv file.txt file2.txt

7. rm (remove)

Sesuai dari singkatannya perintah rm adalah untuk menghapus file, Format rm, rm nama_file. Contoh

rm file.txt

Untuk menghapus direktori kita harus menabahkan parameter -r

rm -r nama_folder

System & Computer

Perintah dasar yang selanjutnya adalah berkenaan dengan komputer kita.

1. whoami (who am i)

Ini melihat user yang aktif.

2. halt

mematikan komputer. Perintah ini berjalan di root jadi harus menambahkan sudo didepan perintahnya. contoh

sudo halt

3. reboot

Restart komputer. Perintah ini berjalan di root jadi harus menambahkan sudo didepan perintahnya. contoh

sudo reboot

3. shutdown

untuk mematikan komputer, shutdown mempunyai beberapa parameter -h -r, -h untuk mematikan (halt) -r untuk restart. Shutdown juga mempunyai parameter waktu, misal kita ingin mematikan dalam jangka berapa menit, atau mematikan pada jam berapa. Perintah ini berjalan di root jadi harus menambahkan sudo didepan perintahnya. contoh

sudo shutdown -h 10

artinya saya akan mematikan komputer dalam waktu 10 menit

sudo shutdown -h 08:00

artinya saya akan mematikan komputer pada jam 8.

Instalasi Aplikasi

Perintah yang berkaitan dengan aplikasi berjalan di root sehingga kita harus enuliskan sudo didepan perintah. Jika tidak maka akan ada error permission denied.

1. dpkg (debian package)

Perintah dpkg adalah untuk menginstall aplikasi di ubuntu. Biasanya dpkg di kombinasikan dengan parameter -i. Perintah ini berjalan di root jadi harus menambahkan sudo didepan perintahnya. Untuk menggunakannya yaitu. dpkg -i paket_aplikasi.deb

untuk praktek sobat bisa mendownload aplikasi xdman ini, http://sourceforge.net/projects/xdman/files/xdman.deb/download

lalu install dengan perintah

sudo dpkg -i xdman.deb

2.  apt-get

apt adalah manager aplikasi yang ada di ubuntu, dengan perintah apt-get kita bisa memanipulasi software dan repository di ubuntu. Perintah ini emiliki beberapa parameter, saya akan menyebutkan parameter yang pentingnya saja.

update : untuk update repository
remove : untuk menghapus aplikasi ubuntu, diikuti dengan nama paket aplikasi
install : untuk menginstall aplikasi ubuntu, diikuti dengan nama paket aplikasi

contoh perintah

sudo apt-get update
sudo apt-get install gnome-tweak-tool
sudo apt-get remove gnome-tweak-tool

Monggo di praktekan.

Perintah Dasar Linux Ubuntu

Saya rasa sudah ya sob perintah dasar linux ubuntunya, cukup perintah ini dulu, nanti jika ada yang kelewat insya allah saya update. untuk mengetahui paramter dari setiap perintah gunakan perintah man perintah_linux, contoh man cd, man mv dan lainnya. Untuk request artikel dan tutorial monggo hubungi fb saja sob.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
June 10, 2016 at 9:37 PM ×

Terima kasih ya gan

Congrats bro Malik Abimanyu you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment