Cara Instal Dual Boot Ubuntu dengan Windows

Cara install OS ubuntu sangatlah mudah bagi yang udah bisa :P. Bagi pemula saya sarankan menggunakan dualboot itung itung perkenalan secara perlahan biar ga kaget, karena kebanyakan dari user malah kabur dulan karna ada software yang tidak sesuai dengannya di linux. Dan ada beberapa keuntungan menggunakan OS dualboot windows dengan ubuntu. Tutorial kali ini khusus untuk komputer yang terinstall windows terlebih dahulu.

Keuntungan Memakai Dualboot

Ada beberapa keuntungan jika kita menggunakan dualboot ubuntu dengan windows yaitu kita bisa menggunakan 2 OS dalam satu laptop *yaiyalahhh*, sehingga kita bisa menjalankan 2 fungsi OS dalam satu device, ditambah ini tidak membuat device kita lemot, paling kita memerlukan space hardisk lebih. Karena pada saat dinyalakan kita akan memilih salah satu OS yang akan digunakan jadi dasarnya kita menggunakan 1 OS saja yang aktif.

Bagi pelajar terutama programmer ini penting, karena kita tidak hanya mempeajari bahasa yang multiplatform tetapi terkadang kita juga 'dipaksa' menggunakan bahasa yang 'windows only' jadi au ga mau kita harus menggunakan windows. Atau designr yang belajar software design seperti keluaran adobe dll, nah dengan menggunakan dualboot tentu kita juga bisa menikmati si cantik linux dan 'paksaan' windows :D

Persiapan Install Dualboot

Ada beberapa persiapan yang harus ada sebelum menginstall dualboot ubuntu dan windows, diantaranya :

1. Laptop/Komputer terinstal windows terlebih dahulu
2. Kapasitas hardisk sisa minimal 20 gb *rekomendasi saya
3. Instalan ubuntu (CD/Flashdisk) *rekomendasi flashdisk
4. Mental *jangan grogi beb :D

Konsep Dualboot

Sebelum kita menginstall kita harus tahu dulu dong cara kerjanya biar kita faham betul dasarnya. Sederhananya begini prosesnya (saat nyalain) 

Komputer Start > Grub Ubuntu memberikan pilihan  OS > Start OS yang kita pilih.

Nah jika dilihat startup windows normal (tak dualboot, windows only) adalah seperti ini

Komputer Start > MBR windows > Start Windows.

Nah jika dilihat startup Ubuntu normal (tak dualboot, ubuntu only) adalah seperti ini

Komputer Start > GRUB Ubutnu > Start Ubutnu.


Dari skema yang saya karang diatas si GRUB ubuntu akan mengambil alih peranan si MBR windows untuk meload OS (karena windows sudah ada terlebih dahulu), tapi baiknya ubuntu sih kasih pilihan mau windows apa ubuntu. Nah saat kita sudah memilih salah satu OS yang kita pilih maka si GRUB mengalihkan kita/meload hardisk yang terinstall OS yang kita pilih. Nah jadi sekarang kita lanjut untuk proses penginstalan dualbootnya (atau proses penambahan OS di hardisk dan mengambil alih MBR windows :D)

Cara Install Dualboot Ubuntu dan Windows

Dualboot Cara 1

1. Jalankan Ubuntu dari Instalan
Jalankan Ubuntu dari media yang dipakai (CD/Flashdisk) seting agar boot di awal start up. Masuk ke ubuntu pilih Install Ubuntu.

Lalu pilih install alongside windows, *lihat gambar

Cara Instal Ubuntu Dualboot dengan Windows

2. Drag kanan atau ke kiri untuk menentukan kapasitas hardisk yang akan dipakai lalu klik install now *jangan abaikan kapasitas herdisk saya soalnya ini virtual

Cara Instal Ubuntu Dualboot dengan Windows

3. Tunggu Instalan selesai dan komputer restart

Cara Instal Ubuntu Dualboot dengan Windows


Nah gimana mudah kan? ga susah kan? yang lebih ribet juga ada sob tapi nanti yah di cara 2. soalnya perlu ngimpulin screenshootnya hehehe.

Dah coba dulu cara diatas yaw. selamat mencoba
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Anonymous
admin
February 17, 2015 at 9:59 AM ×

gan saya baru install ubuntu tapi data dan windows 7 (partisi C dan D)nya terhapus. bagaimana cara mengembalikannya? tolong

Reply
avatar
Rifqi Habibi
admin
February 17, 2015 at 11:48 AM ×

klo dah ke format ga bisa dibalikin gan maap :D

Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment