Cara Partisi Hardisk di Ubuntu

Partisi hardisk dalam ubuntu pada dasarnya sama konsepnya dengan mempartisi hardisk di windows sob. Sebelum saya mulai partisi hardisk di ubuntu saya akan jelaskan dulu beberapa pengertian dan konsep dalam hardisk di Ubuntu agar kelir yah hehehe.

Hardisk di Ubuntu

Hardisk di Ubuntu dan di dalam OS yang berkernel linux lainnya mempunyai beberapa partisi penting diantaranya :

partisi / : partisi ini disebut juga partisi root. Partisi ini digunakan untuk menyimpan beberapa file-file penting yang akan digunakan oleh sistem dan menyimpan aplikasi dalam linux. Ya kalo bingung ini bagaikan partisi C-nya windows. Saya rekomandasikan inial 5GB sob

partisi /boot : partisi ini berisi file-file yang dibutuhkan oleh Ubuntu pada saat ubuntu melakukan booting atau startup. Rekomendasi untuk partisi ini adalah sekitar 256 MB.

/home : Partisi ini adalah tempat kita menyimpan berbagai macam data sob. Ya kalo di windows ini dibatarkan D (data). Pada saat instalasi maka minimal kita membuat 2 partisi yaitu root dan swap. Nah jika kita memisahkan partisi /home dari root maka kita bisa mengamankan file yang kita taruh didalam /home tersebut. Tetapi jika kita satukan dengan partisi / (root) maka jika terjadi trouble atau perbaikan sistem atau perlunya install ulang ubuntu kita aka data di /home bisa hilang.

swap : swap gampanya itu adalah RAM tambahan. Karena partisi ini menyimpan sementara data yang dibutuhkan komputer terlebih lagi apabila memory komputer sedang bekerja dengan berat. Direkomendasikan ukuran partisi /swap sekitar 2x RAM.

partisi-partisi lainnya : Partisi lainnya itu partisi tambahan. Partisi yang terdapat di OS lain atau partisi yang memuat format hardisk lain. Misal hardisk, hdd eksternal, hdd windows (dual boot), dll.

Cara Memformat Hardisk

Cara memformat hardisk di ubuntu adalah dengan menggunakan software pembantu. Bisa mengunakan gparted, atau disks yang ada di utility ubuntu.  Disini saya menggunakan gparted sob.

Pertama install dulu aplikasi gparted.

sudo apt-get install gparted

Nah setelah itu jalankan aplikasinya. Disini saya akan mencoba untuk mempartisi flashdisk ya sob, karena saya tidak mau ada apa-apa dengan hardisk saya hehehe. Berikut tampilan gparted setelah flashdisk saya masukkan.

Cara Partisi Hardisk di Ubuntu

Lihat ada icon kunci didalam partisi flashdisk saya. Nah untuk membukanya saya perlu meng-unmountkan dulu dengan klik kanan unmount.

Cara Partisi Hardisk di Ubuntu

Nah untuk mempartisi flashdisknya tinggal drag saja sob. Atau kita masukkan ukuran fixnya di bawah. dan klik Resize/Move.

Cara Partisi Hardisk di Ubuntu

Setelah itu lalu kita klik apply all operation. Agar pengaturan yang telah kita lakukan itu ber efek pada flashdisknya. Lalu tunggu saat flashdisk di partisi dan lihat hasilnya. 

Cara Partisi Hardisk di Ubuntu


Hati-hati yah sob saat partisi hardisk karena ini perlu ketelitian dan kecermatan yang bagus kalo lengah bisa bisa hardisk kita terhapus dan kalo error bisa kena badsector dan bad hdd. Jadi hati-hati yah. Selamat mempartisi hardisk yah.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
frengky Dora
admin
January 12, 2015 at 5:09 PM ×

thanks gan infonya, kalau untuk memilih jenis file sistem itu fungsinya untuk apa saja gan?? ada banyak soalnya gan.. thanks

Reply
avatar
zacknov
admin
November 9, 2015 at 12:14 AM ×

Hardisk sudah penuh, mau partisi ulang. Pas cari artikel partisi ubuntu dapat artikel ini. sharing yang bermanfaat.

Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment