Cara Aman Atasi Ubuntu yang Ngehang

Bagaimana jika ubuntu kita ngehang? bagaimana mengatasi ubuntu ngehang? Loh ubuntu ngehang? iya sob ubuntu atau linux juga bisa ngehang sob ini biasanya jika terjadi miss komunikasi antar ubuntu dan X servernya. Kita aja kalo miss komunikasi sama orang suka ada konflik kan? alias 'ngehang'.

Nah lalu gimana dong cara mengatasi agar ngehangnya bisa sadar? atau setidaknya bisa dimatikan secara 'benar' dan tidak membuat hardware jadi rusak? kan terkadang kalo ngehang kita lumayan kesel yah dan main pencet tombol power atau restart secara paksa. Walau kita tahu bahwa 'memaksa' komputer kita merestart / turn off secara paksa bisa merusak hardware kita baik secara langsung atau tidak langsung. Oke sebelum kita bahas solusi ubuntu ngehang kita bahas dulu apa penyebab ubuntu kita ngehang sob.

Penyebab Ubuntu Ngehang

Ubuntu ngehang sebenarnya bukan kernelnya yang ngehang, melainkan X server nya. Apa itu X server? X Server adalah server atau pusat penghubung antar kernel dan hardware atau device yang terpasang di ubuntu. Analoginya atau gampangnya adalah "komponen" di Linux yang menjalankan tampilan grafis di desktop, X Server ini juga meng-handle inputan keyboard, mouse, serta output ke monitor. Nah jadi kebayang kan solusi yang tepat untuk ubuntu kita? yup kita harus mengatur sistem langsung ke dalam kernelnya. Nah bagai mana caranya? oke simak dibawah yah sob.

Solusi Aman Ubuntu Ngehang

Oke secara logika sih kita langsung beri perintah ke kernel agar mematikan proses atau merestart caranya adalah dengan menekan tombol SysRq. Ini disebut dengan fitur Magic SysRq Key. Nah tapi sebelumnya kita harus mengatur terlebih dahulu agar fitur ini aktif (bagi yang belum aktif) yaitu dengan perintah.

Cara Aman Atasi Ubuntu yang Ngehang


sudo echo "1" > /proc/sys/kernel/sysrq

atau mengeceknya dengan perintah

cat /proc/sys/kernel/sysrq  

Jika hasilnya 1 itu sudah aktif sob. Nah kita lanjut ke cara penggunaan yah.

Cara Menggunakan Magic SysRq Key

Caranya mudah sob jika ubuntu kita mulai ngehang atau ngadat kita bisa menekan tombol 

Alt + SysRq + [tombol r, e, i, s, u, b, dll]

Nah sob ini keterangan dari tombol tombol-tombol tersebut :

Alt + SysRq + r : memindahkan kontrol mouse dan keyboard dari server X langsung. Ini  berguna jika X-Server mengalami 'miss-komunikasi', Lalu kita dapat menggunakan keyboard dan membunuh X-Server atau periksa log kesalahan.

Alt + SysRq + e : mengirim pesan ke kernel untuk 'membunuh' semua proses yang sedang berjalan kecuali init. Beri jeda sedikit lama untuk perintah ini karena biasanya memerlukan waktu lebih.

Alt + SysRq + i : mengirim perintah "kill" ke semua proses kecuali init.

Alt + SysRq + s : menulis semua data dari cache disk ke harddiscs, sync-nya. 

Alt + SysRq + u : remounts semua mount filesystem readonly. Setelah menggunakan tombol ini, kita dapat reboot sistem dengan Alt + SysRq + b tanpa merugikan sistem. 

Alt + SysRq + b : adalah seperti reset: reboot tanpa umounting atau sync. 

Alt + SysRq + k : membunuh semua proses pada terminal saat ini. Ide yang buruk untuk melakukan perintah ini di konsol mana X sedang berjalan. Grafik akan berhenti dan kita tidak dapat melihat apa yang kita ketik sob.

Alt + SysRq + o : menutup melalui APM.

Alt + SysRq + m : informasi cetakan memori ke konsol. 

Alt + SysRq + l : mengirim SIGKILL untuk semua proses, init inklusif. (Sistem ini tidak bekerja setelah menggunakan ini.).

Alt + SysRq + e : (mengirim sinyal, proses dapat shutdown dengan benar (misalnya menyimpan data))

Cara yang standard kita lakukan adalah dengan tombol r, e, i, s, u, b.
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment