Mengetahui Port USB yang Dipakai di Ubuntu

Baru sempet posting lagi nih sob, oke kali ini saya membagi bagaimana cara mengecek port yang di pakai di ubuntu, port disini bukan port virtualisasi seperti port 80 atau 8080 pada internet, tetapi disin adalah port yang berbentuk secara 'fisik' khususnya cek port USB di ubuntu. Nah mungkin kalo di windows itu COM1 COM2 dst.

Perintah untuk mengeceknya adalah dmesg, loh kok banyak ya? nah loh :P, dmesg adalah singkatan dari display message or driver message perintah ini untuk memunculkan pesan buffer dari kernel, jadi ga cuma port USB saja, oke nanti di jelaskan yang lainnya :P. Pada kasus ini adala cek port USB di ubuntu, maka perintahnya

dmesg | grep tty

grep //perintah untk menangkap
tty //usb (item) yang di tangkap

Nah terlihat bukan?

contoh deh, saya sambungkan usb modem saya maka hasil nya

Mengetahui Port USB yang Dipakai di Ubuntu

Lalu saya masukkan hp saya menggunakan kabel data pada USB, dan hasilnya bertamba satu, nah berarti port ttyACM0 itu yang di pakai hp saya, lainnya adalah modem yang sebelumnya saya masukkan

Mengetahui Port USB yang Dipakai di Ubuntu

Oh ya jika sudah di cabut tapi masih ada pesan-pesan yang panjang itu, kita bisa bersihkan dengan perintah

sudo dmesg --clear

Selamat di coba sob :).
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment