10 Linux System Monitoring Tools untuk Sistem Admin

Bagi sistem admin linux yang kerjaannya meratiin OS linux tiap hari. ciee ciee merhatiin. Tools monitoring linux ini sangat penting sekali sob, ya kaya mata-mata buat merhatiin si doi. Nah ada beberapa sistem monitoring linux yang biasa di pakai. diantaranya :

1. top - Process Activity Command

Top memberikan gambaran real-time dan dinamis terhadap sistem yang berjalan didalam OS kita. Secara default, ini akan menampilkan sebagian besar tugas CPU-intensif yang berjalan pada server dan update daftar setiap lima detik sekali.

Perintah top menyediakan beberapa hot keys yang berguna:

t Menampilkan informasi ringkasan.
m Menampilkan informasi memori.
A Urutkan tampilan oleh konsumen atas berbagai sumber daya sistem. Berguna untuk identifikasi cepat tugas kinerja yang haus pada sebuah sistem.
f Memasuki layar konfigurasi interaktif untuk top. Bermanfaat untuk menyiapkan atas untuk tugas tertentu.
o Memungkinkan Anda untuk secara interaktif memilih urutan dalam atas.
r Isu perintah renice.
k Untuk menonaktifkan program yang berjalan.
z Mengaktifkan atau menonaktifkan warna / mono

2. vmstat - Sistem Activity, Hardware dan Sistem Informasi

Perintah vmstat melaporkan informasi tentang proses, memori, paging, IO blok, perangkap, dan aktivitas cpu.



3. ps - Menampilkan The Proses

Perintah ps akan melaporkan snapshot dari proses saat ini. Untuk memilih semua proses menggunakan A atau opsi -e:


4. KDE Sistem Guard - Real-time Sistem Pelaporan dan Grafik



KSysguard adalah jaringan aplikasi memantau diaktifkan tugas dan sistem untuk desktop KDE. Alat ini dapat dijalankan melalui sesi ssh. Ini menyediakan banyak fitur seperti arsitektur klien / server yang memungkinkan pemantauan host lokal dan remote. Front end grafis menggunakan apa yang disebut sensor untuk mengambil informasi ini akan menampilkan. Sebuah sensor dapat kembali nilai-nilai sederhana atau informasi yang lebih kompleks seperti tabel. Untuk setiap jenis informasi, satu atau lebih display disediakan. Menampilkan diatur dalam lembar kerja yang dapat disimpan dan dimuat secara independen dari satu sama lain. Jadi, KSysguard tidak hanya task manager sederhana namun juga alat yang sangat ampuh untuk mengendalikan server peternakan besar.

5. iostat - CPU rata beban, Disk Activity

Perintah iostat Laporan Central Processing Unit (CPU) statistik dan statistik input / output untuk perangkat, partisi dan filesystem jaringan (NFS).
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment