Cara Install Wine dan Konfigurasinya di ubuntu

Wine adalah aplikasi linux untuk menjalankan aplikasi windows. Tentu sobat sudah tau yah soalnya sudah nyari tau cara installnya sih hehe. Oke sob disini saya akan memberikan cara install wine dan cara konfigurasi wine di linux ubuntu. Tapi sebelum itu kita perlu tahu sob dari si wine ini biar lebih akrab gituh. Wine adalah sebuah program untuk menjalankan file eksekutabel DOS, Windows 3.x, dan Win32. Wine pada awalnya merupakan singkatan dari WINdows Emulator, kemudian arti singkatan ini diubah menjadi singkatan rekursif, Wine Is Not an Emulator.





Wine dikembangkan sudah lebih dari 17 tahun yang lalu. Pada mulanya Wine dikembangkan oleh Alexandre Julliard, dan sekarang dikembangkan oleh Wine Authors. Nah banyak program windows yang berjalan mulus di wine ini sob. Saya ambil contoh ms. Word, photoshop, corel draw, counter strike, dan lainnya sob. Rata-rata program yang lancar di wine adalah program yang tidak terlalu banyak membutuhkan resource dari ms. windows. Aplikasi yang kurang baik berjalan di wine adalah aplikasi yang memuat flash atau berbasis adobe air (rich internet applications), entah kenapa kurang friendly yah :P

Oke lah sob sekilas tentang si wine nya sudah yah, lanjut ke cara install wine di ubuntu.

Cara Install Wine di Ubuntu


Seperti biasa cara install aplikasi di ubuntu ada dua cara, online dan offline. Yang online lebih gampang :P

Cara install wine secara online

Cara ini bukan lagi isteri yah bagi kita hehe, dengan mantra ajaib sudo apt-get install.. semua beres untuk menginstall :D. Oke karena wine sudah ada di repo secara default maka tinggal kita ketikkan perintahnya saja sob.

sudo apt-get install wine

Tunggu karena wine aga lama menginstallnya, saat nginstall sesekali di tengokin yah, karena ada agreement yang harus kita setujui atau ada menu yang harus kita klik oke :P. Biasanya persetujuan penggunaan font dan atribut windows lainnya. Untuk menyetujuinya tinggal klik tab aja ya sob, maaf ga bisa kasi screen shoot karena dah saya install, mobadzir quota, mobadzir kan temennya setan :P. Oke tunggu sampai selesai dan beres sudah kita sudah menginstall wine.

Cara install wine secara offline

Nah untuk menginstall offline aga 'berat' sob, bukan berat sih aga merepotkan saja :P. Nah sebelum memulai menginstall wine secara offline ada baiknya baca dulu cara install aplikasi ubuntu offline. Jangan balik lagi kesini kalo belum paham hahaha, cara yang mudah dengan menggunakan alldeb yah sob. Monggo dibaca biar pinter :P.

Cara Konfigurasi Wine

Setelah install wine maka selanjutnya adalah mengkonfigurasi wine, bagaimana caranya? gampang sob ada beberapa cara mudah yang biasa saya pakai. Dan ada beberapa tools di wine yang hanya dengan melihatnya saja kita bisa hehehe.

Konfigurasi wine


Secara default konfigurasi wine terletak di program configure wine. Jadi tinggal dibuka saja. Untuk windows version saya sarankan menggunakan xp saja sob. Library dan yang lainnya bebas sesuai kebutuhan.

Winetrick


Winetrick adalah aplikasi dari wine untuk menambahkan library, font, aplikasi, game, dll. Winetrick ada dua versi, kita bisa menggunakan versi GUI atau versi CLI, dengan versi CLI kita hanya perlu mengetikkan wine [nama_alikasi]. Di winetrick ini install dotnet yah sob. Begini caranya

winetrick dotnet20
winetrick dotnet30
winetrick dotnet35

Jika sudah atau mau di tambah dengan dotnet 4 monggo sob, tapi yang terpenting dotnet 35 terinstall, karena kebanyakan aplikasi windows memakai dotnet35. Nah itu sih yang penting menurut saya sih. Yang lainnya bisa ditambahkan belakangan ketika menginstall aplkas windows tertentu. Karena setiap aplikasi kadang butuh beberapa library yang beda, kan ga mungkin kita install semua. Oke selesai sudah cara menginstall wine selamat mencoba yah.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
June 13, 2016 at 10:22 AM ×

mantap sob, berarti dengan aplikasi in kita bisa menjalankan app windows di ubuntu kita ya, menarik sekali kalau gitu..

Congrats bro Bidadari Musik you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment