Cara Install .bin di Ubuntu

Cara menginstall aplikasi di ubuntu ada berbagai macam cara. Extensi file dengan akhiran .bin atau .sh pada ubuntu merupakan salah satu dari sekian banyak extensi file executable di sistem oprasi linux. bin merupakan kepanjangan dari binary sob, jadi ini berarti file binary (source) untuk proses penginstalan. Cara menginstall file yang berbentuk binary tidaklah sulit, dengan catatan tidak ada dependencies yang rusak atau kurang yah sob.

Cara Install .bin di Ubuntu


Pertama tama kita butuh file instalasi dalam hal ini saya akan mencoba aplikasi yang berbau ekonomi keluaran dari salah satu bank indonesia, yaitu aplikasi Esmart. Cara menginstall aplikasi esmart yang berExtensi .bin ini tidaklah sulit sob kita tinggal melakukannya dengan beberapa perintah kecil. Oke langsung saja

1. Taruh aplikasi di folder mana saja.
2. Masuk ke folder dimana aplikasi di sipan (cara : Masuk Lokasi Folder dalam Terminal)
3. Tambahkan permission executable pada file instalasi dengan perintah

chmod +x nama_file_instalasi.bin

4. Jika tidak ada error lalu lanjut dengan perintah instalasi aplikasinya dengan perintah

sudo ./nama_file_instalasi.bin

Jika sudah maka akan terbuka tampilan aplikasi yang akan kita install, tampilannya tergantung aplikasinya ya sob jadi setiap aplikasi berbeda-beda. Oh iya untuk setiap aplikasi yang diinstall dengan cara tersebut diatas makan akan terletak di folder /opt. Bagaimana sob? mudah bukan cara install aplikasi .bin di ubuntu? selamat mencoba.
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment