Tambahkan Font di Ubuntu

Gimana sob mulai enak pakai ubuntu? hehehe tentu ada yang mundur ada yang maju ya sob, ada juga yang maju mundur *eh. Nah kali ini saya akan membagi cara untuk menambahkan font di ubuntu. Font di ubuntu terletak di /usr/share/fonts, ada beberapa type dalam fonts tapi disini saya gunakan type ttf yang umum digunakan. Ok disini ada beberapa cara saya jelaskan dua cara ya sob.

Cara 1

Ok cara ini mudah sob, kita tinggal mendownload  font yang akan kita tambahkan disini saya menggunakan font berjenis *.ttf, silahkan sobat bisa mendownloadnya dimanapun. 

Setelah di download coba klik 2 kali font tersebut sob, nah disitu tampil font kita dan kita bisa klik install.

Tambahkan Font di Ubuntu


Cara 2

Jika font yang akan kita tambahkan banyak tentu cara di atas kurang efektif sob, nah selanjutnya adalah cara yang kedua, caranya yaitu, masukkan kupulan font kita dalam satu folder misal fontku, lalu copy folder tersebut kedalam /usr/share/fonts/truetype/ , begini sob selengkapnya

copy folder fontku yang berisi font yang akan kita tambahkan (saya asumsikan lokasi fontku ada di home)

sudo cp -R fontku /usr/share/fonts/truetype/

Selamat dicoba sob.

Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment