Cara Uninstall Aplikasi Ubuntu

Setelah memposting cara install aplikasi di ubuntu, rasanya kurang apdol jika saya tidak memposting cara uninstall aplikasi di ubuntu, jika ada beberapa cara dalam menginstall aplikasi di ubuntu tentu juga ada beberapa cara untuk menguninstall aplikasi di ubuntu, tetapi dalam menguninstall aplikasi di ubuntu tidak dibedakan secara online dan offline yah sob, tetapi dibedakan berdasarkan asal paket aplikasi.

Cara Uninstall Aplikasi Ubuntu


1. Uninstall dari paket ubuntu

Saya ga tau nih disebutnya apa, jadi saya sebut paket dari ubuntu :D. Maksudnya gini sob, jika sobat menginstall aplikasi itu dengan mengetikkan perintah apt-get install, atau jika sobat mendownload dan menginstall paket .deb nah jika aplikasi diinstall dengan paket dari ubuntu kita bisa menguninstallnya dengan mengetikkan

sudo apt-get remove [nama-aplikasi]
sudo apt-get remove audacity //misalnya aplikasinya bernama audacity

atau bisa melalui ubuntu software center sob, masuk ke bagian installed lalu cari aplikasi yang akan dihapus dan klik remove sob.

Cara Uninstall Aplikasi Ubuntu


2. Uninstall dari Standalone Paket

Standalone yaitu paket yang berdiri sendiri, ya jadi ga ada sangut pautnya dengan paket yang ada di ubuntu kita sob, misalkan aplikasi yang hanya dijalankan dengan perintah sh namaaplikasi, atau mengnstallnya dengan perintah ./namaaplikasi atau hanya mengklik aplikasinya lalu jalan, contoh aplikasi seperti ini ada di eclipse, komodo edit, metasploit, xdman dan aplikasi yang paket-paketnya memang tidak berubungan dengan paket diubuntu kita,cara menguninstallnya sebagai berikut.

Cara 1

Hapus langsung saja foldernya sob, beres :D

Cara 2

Jika dalam paket atau aplikasi terdapat paket atau aplikasi untuk menguninstallnya kita bisa jalankan, misalnya di metasploit ada file uninstall maka kita jalankan saja file itu, tergantung filenya ber tipe apa. Misal ada ekstensi *.sh jalankan dengan perintah sh namanya.sh atau jika hanya berbentuk file ketikkan perintah ./namanya.

Cara 3

Tanya disini, atau di komunitas kalo bingung :D
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment