Install JDK Java di Ubuntu

Nah siapa nih yang ga tau JDK? ya kalo nyari nyampe sini pasti tau lah :). Oke dalam java ada beberapa produk yaitu JDK, JRE dll lah, Nah JDK fungsinya adalah untuk para developer yang akan mengembangkan aplikasi berbasis java, dan jre adalah aplikasi untuk menjalankan aplikasi java *singkatnya begitu. Seperti biasa ada beberapa cara untuk menginstall.

Install JDK Java di Ubuntu



1. Ini mudah ya sob, bisa melalui ubuntu software center cari java, tentu ini tidak usah di jelaskan yah :P

2. Melalui PPA, jalankan saja sob perintah di bawah satu per satu
sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt-get update
sudo apt-get install oracle-java7-installer
3. Cek java

java -version 

Install Java Secara Offline

1. Download java disini http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7-downloads-1880260.html pilih yang linux dan tar.gz sob.

2. Extrak filenya

sudo tar xfz jdk-7u10-linux-i586.tar.gz //saya pake java 7u10 sesuaikan yah namanya

atau bisa klik kanan extrak sob. Jika belu faha lokasi di ubuntu lebih baik baca Cara Masuk Folder Dalam Terminal Ubuntu biar ga bingung gimana-gimananya

3. Buat folder jvm dan jdk1.7.0 di /usr/lib/, karena saya akan menginstall java 1.7 sob.

sudo mkdir -p /usr/lib/jvm/jdk1.7.0 //ini lokasi default

4. Pindahkan isi file java dari extrakan tadi ke folder /usr/lib/jvm/jdk1.7.0

sudo mv jdk1.7.0_10/* /usr/lib/jvm/jdk1.7.0 //folder java saya bernama jdk1.7.0_10 jadi sesuaikan nama dan lokasinya

5.  Buat link untuk perintah java, jalankan satu-satu yah.


sudo update-alternatives --install "/usr/bin/java" "java" "/usr/lib/jvm/jdk1.7.0/bin/java" 1
sudo update-alternatives --install "/usr/bin/javac" "javac" "/usr/lib/jvm/jdk1.7.0/bin/javac" 1
sudo update-alternatives --install "/usr/bin/javaws" "javaws" "/usr/lib/jvm/jdk1.7.0/bin/javaws" 1


6. Cek java
java -version
Nih hasil cek java saya sob


java version "1.7.0_10"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.7.0_10-b18)
Java HotSpot(TM) Server VM (build 23.6-b04, mixed mode)


7. Jika error, permission denied berikan permission executable pada file java

sudo chmod +x /usr/bin/java

Oke selamat mencoba sob :).
Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments

ConversionConversion

Thanks for your comment