Dasar Konfigurasi Semua Modem USB di Ubuntu

Bisa dikatakan ini materi yang cukup berat bagi saya, takut-takut salah sob, soalnya saya cuma meraba-raba, nih mudah-mudahan benar dan bisa bermanfaat bagi sobat, langsung saja sob karena akan lumayan panjang :)

Dasar Instalasi Semua Modem USB di Ubuntu


Konsep Modem

Nah sob, seperti yang kita ketahui modem sekarang sudah tertanam aplikasi didalamnya jadi tidak di sertai CD, melainkan sudah tertanam didalam istilahnya zero CD, nah zero CD. Bagi windows ini tidak jadi masalah karena penyedia modem telah memberikan aplikasi sebagai driver (pengenal) kepada OS windows, lalu bagaimana dengan OS linux dan keluarganya? nah OS linux dan keluarganya tidak di beri driver sebagaimana OS tetangga, tetapi keluarga linux meraba-raba bagaimana modem-modem itu bekerja dan menyimpan didalam kernelnya (koreksi kalo salah) nah jadi modem terkadang ada yang terdeteksi dan terkadang kita harus melakukan konfigurasi manual agar si linux tau bahwa hardware itu adalah modem, ini juga berlaku untuk hardware lainnya seperti video card dll. Saya kurang tahu apakah penyedia modem juga memberitahu cara kerja modem atau tidak.

Modem di Ubuntu
  • Ada yang Langsung Terdeteksi

Nah sob berbahagialah bagi yang modemnya langsung terdeteksi, karena kita tidak usah melakukan konfigurasi yang 'njlimet' yang kitapun kadang ga ngerti apa itu. Ini di pengaruhi dari pihak linux dan juga hardwarenya juga sob, dari pihak pengembang mereka tahu cara modem bekerja dan sudah menanamkan driver didalam sistem jadi saat modem tercolok *indonesianya apa sih ?* maka si OS akan memperlakukannya sebagaimana layaknya modem, nah akhirnya bisa dipakai tuh modemnya, tinggal konfigurasi di network manager, nanti saya tulis modem-modem yang friendly di ubuntu.

  • Ada yang Tidak Terdeteksi

Bagi yang tidak terdeteksi maka berbahagialah karena kita bisa belajar darisini :), oke pada konsep modem diatas kita kenal dengan istilah zero CD atau storage nah in lah yang menjadi permasalahannya sob, jadi saat si modem tercolok *tercolok lagi :D* maka modem akan di perlakukan sebagai storage atau zero CD, nah bagaimana agar modem terdeteksi di ubuntu? yang harus kita lakukan adalah mengkonversi id dari mode storage ke dalam mode modem, setiap modem terkadang berbeda caranya ada yang harus ini itu ada yang tinggal di eject storagenya langsung terdeteksi, ada yang rewel dan ada juga yang bikin frustasi :D. baca juga Konfigurasi Modem yang Tidak Terdeteksi di Ubuntu.

jadi intinya dari postingan ini adalah konsep dari modem, cara kerja modem di ubuntu, dan cara kerja driver di ubuntu, setelah cara kerja dimengerti udah-mudahan mempermudah sobat yang masih bingung, dan bagi mastah-mastah yang mengerti dan atau ada kesalahan dalam penyampaian saya mohon minta di koreksi CMIIW.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
November 14, 2013 at 9:02 PM ×

yup , linux memang harus di manjakan dengan hal-hal seperti ini gan , mungkin ini yang membuat linux berbeda dengan OS lain. well terima kasih atas pencerahannya gan :))

Reply
avatar
surya adi
admin
March 26, 2014 at 5:54 PM ×

mas..
modem ane prolink
kan wktu di colokin dia detect
minta setting provider
apn,password
uda slesai laaa sampek connecting..
bgtu connecting, dia gk mau connected
langsung not connecting
gmana tuh...?

Reply
avatar
Rifqi Habibi
admin
March 26, 2014 at 9:06 PM ×

coba http://sobatubuntu.blogspot.com/2013/03/koneksi-modem-usb-dengan-sakis3g-di-ubuntu.html

Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment