Cara Flush DNS / Clear DNS Cache di Ubuntu

Oke sob sebelumnya maaf nih blog sobat ubuntu jarang update dikarenakan kegiatan saya yang lagi padat-padatnya dan juga kehabisan ide posting hehehe yang mau nyumbang dipersilahkan hubungi kotak saya :D

Oh iya sempat beberapa waktu yang lalu saya memindahkan server suatu website dari suatu registar ke registar yang lainnya dengan posisi domain tidak di transfer jadi domain dan hosting berbeda registar. Setelah update name server akhirnya web saya error. Iya lah wajar biasanya emang butuh waktu 24 jam setelah pergantian name server, tetapi setelah ganti name server tetap saja error web saya dan menampilkan error cgi.

Cara Flush DNS / Clear DNS Cache di Ubuntu


Nah hampir putus asa saya putuskan mematikan laptopnya. Dan di saat yang bersamaan adik saya menyalakan laptopnya lalu saya iseng nyuruh dia membuka web saya dan alhamdulillah web saya sudah running, lalu apa yang salah? setelah berfikir oh iya saya lupa membersihkan DNS cache di laptop saya. Setelah membersihkan DNS cache web saya pun normal kembali alhamdulillah :D

Cara Clear DNS Cache di ubuntu

Nah lalu gimana nih cara clear DNS cache di ubuntu? caranya mudah sob mari di simak.

1. Bersihkan cache browser

Biasanya browser nyimpen cache-cache atau cookies nah ini bisa kita clearkan dulu agar data yang terbaru yang kita dapatkan. Kalo ini ga usah saya jelaskan yah :P

2. Flush atau Clear DNS di OS

Nah biasa kalo ini kita mainan terminal hehehe...

Jalankan perintah ini untuk flush DNS:

sudo /etc/init.d/dns-clean restart

Lalu jalankan perintah ini untuk merestart network kita

sudo /etc/init.d/networking force-reload


Untuk flush DNS Cache kita perlu sedikit bantuan nscd atau dnsmask. Jika belum terinstall aplikasi di ubuntu maka install dulu nscd nya

sudo apt-get install nscd
sudo /etc/init.d/nscd restart

Untuk flush dnsmasq DNS cache:

sudo /etc/init.d/dnsmasq restart

Nah saya rasa sudah cukup untuk mem Flush DNS atau Clear DNS di ubuntu kita. 
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment