Tips Memilih Distro Linux untuk Pemula

Tips memilih distro linux untuk pemula. Tips ini saya sengaja menulisnya karena hati saya sedikit tergerak hehehehe. Para pemula yang 'memulai' memakai linux terkadang tidak sabaran dan terkadang tidak tau diri sob hehe, gimana ngga sob baru memakai linux saja sudah ingin yang macam-macam, mending kalo emang sudah ada basicnya, lah bener-bener masih buta. Memang orang yang memakai linux ini identik dengan orang yang jago dibidang IT dan jago masalah hacking. Tapi bagi pemula tolong saya sarankan jangan menyombongkan diri, eh termasuk yang udah jago juga jangan sombong hehehe. Saya ada pengalaman berbuat sombong dalam mempelajari salah satu bahasa pemrograman bisa di baca disini : Penghambat masuknya ilmu. Nah untuk pemula saya ada beberapa tips yang saya simpulkan sendiri sesuai pengalaman saya sob.

Tips Memilih Distro Linux untuk Pemula

Pilih sesuai kemampuan

Jika sobat merasa masih awam dan pemula dalam soal linux saya sarankan pakai distro yang relatif mudah di pelajari. Saya recomended pakai distro ubuntu sob. Karena distro ini mudah dalam proses instalasi dan friendly dalam pemakaiannya juga banyak mensupport hardware. Tapi jika merasa mampu silahkan sobat pilih distro sesuai keinginan.

Pilih sesuai kebutuhan

Setelah kita mengukur kemampuan kita selanjutnya kita pilih distro sesuai dengan kebutuhan kita. Tanyakan kembali kepada diri sobat untuk apa memakai linux? Apakah untuk belajar? Apakah untuk pemakaian sehari-hari? Apakah untuk coding? Untuk belajar jaringan? atau untuk gaya gayaan saja? kalo untuk gaya-gayaan sih udah kelaut aja sono :P.

Nah jika kebutuhannya sudah tau untuk apa nih saya kasih list distro yang uum yang digunakan untuk beberapa bidang.

Pemakaian sehari-hari

- Ubuntu
- Linux Mint
- Debian
- dll

Belajar jaringan & Server

- Debian
- Fedora
- Centos
- ClearOs
- Ubuntu

Coding & Programming

- Ubuntu
- Debian
- Linux Mint
- dll (semua distro bagus untuk coding)

Hacking

- Backtrack
- Ubuntu

Nah semoga bisa lebih mudah dalam memilih distro linux yang akan dipakai sob. Inget jangan sombong yah :D.
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment