Apa itu Kernel Linux?

Kernel adalah? apa sih kernel itu? apalagi kalau berhubungan dengan yang namanya linux si kernel pasti selalu di bawa bawa. Kernel juga sering disalahkan kalo ada hardware yang tidak kmpatibel. Kernel linux juga disebut sebut sebagai cikal bakal OS android di handphone kita. Terus kernel pula katanya yang di buat om linus torvalds. Jadi apa itu kernel? Linux itu OS atau Kernel? Nah pertanyaannya saya kerucutkan menjadi dua petanyaan yang di bold itu sob.

Apa itu Kernel

Umpamanya kita ini akan membeli barang kepada salah satu distributor, lalu distributor itu mengkontek supplier barang untuk mengirim barang yang hendak kita beli kepada kita dan disaat yang bersamaan juga ada yang membeli barang C, lalu seling 3 menit kemudian ada yang memesan barang D dan seterusnya, nah dari contoh diatas kita sudah bisa menganalogikan apa itu kernel. Pembeli ibarat suatu aplikasi/instruksi, distributor adalah kernel dan supplier adalah device (layar, cpu, ram dll). Nah secara singkat pengertian kernel adalah "Kernel adalah suatu program yang mengatur permintaan (input/output) dari aplikasi untuk segera di proses"

Umpama kita ingin layar monitor kita redup sedikit nah kita tekan tombol fn+fungsi lalu instruksi itu masuk kedalam kernel dan si kernel mengirim instruksi ini untuk di proses dan di tampilkan dalam hardware dengan hasil layar kita yang bertambah redup nah kita-kira seperti itu sob.


Apa itu Kernel Linux?
source : wikipedia.org

Apakah Linux itu OS?

Bukan! udah gitu aja jawabannya? hehehe ya kita bisa lihat pengertian di atas. Jadi dengan kernel linux kita bisa membuat OS sendiri, kita tinggal membuat interface dan koneksi kedalam kernel linux (tapi ga sesimpel yang saya katakan ya :D). Nah kebayang kan ubuntu, fedora debian, mandriva centos dan bahkan OS android di HP kita dibangun dengan menggunakan kernel linux.

Nah sudah faham kan mengenai kernel ini? ga bingung lagi kan hehehe.
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment