Cara Mengembalikan Grub Ubuntu yang Hilang

Grub atau GRand Unified Bootloader adalah suatu program yang fungsinya untuk 'me-load' operasi sistem yang terdapat didalam hardisk. Program kecil ini berjalan sebelum sistem operasi termuat. Grub biasanya terdapat pada komputer yang didalamnya terdapat beberapa sistem operasi, atau biasanya disebut dual boot, bisa ubuntu dengan windows atau ubuntu dengan distro lainnya dan bahkan ubuntu dengan ubuntu. Dan jika tidak terdapat sistem operasi lainnya didalam hardisk maka sistem akan langsung 'meload' ubuntu kita dan tidak akan menampilkan grub, tentunya kalo setingannya masih default ya sob.

Versi Grub

Grub dalam ubuntu ada beberapa versi sob. Diantaranya versi GRUB legacy dan versi GRUB 2. Bagi pengguna ubuntu jadul 9.10 kebawah maka grubnya asih berupa GRUB legacy dan jika menginstall ubuntu 9.10 keatas maka kita akan mendapatkan GRUB 2.

cara mengecek versi grub yang kita pakai bisa menggunakan salah satu perintah di bawah

grub-install -v
grub-install --version

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu yang Hilang

 Penyebab Grub Hilang

Ada beberapa hal yang dapat memngakibatkan grub ubuntu kita menghilang sob. diantaranya :

Grub tertimpa MBR

Grub tertimpa oleh MBR windows. Boot loader atau MBR windows emang kurang ramah sob, dia menghapus atau tidak membiarkan OS lain 'exis' didalam komputer jadi hanya OS windows satu-satunya yang di load untuk di jalankan. Lain halnya dengan bootloader ubuntu atau grub, grub ini sangat baik dia meload seluruh sistem operasi yang ada didalm disk dan memberikan pilihan OS mana yang akan dijalankan, baik kan? :D. Penimpaan grub oleh MBR ini dikarenakan kita menginstall ulang windows yang terdapat ubuntu didalamnya alias dual boot sob.

Salah konfigurasi grub

Komputer saya pernah mengalami grub gagal meload, ini gara-gara saya salah mengkonfigurasi file grub, nah ini juga bisa mengakibatkan grub gagal meload tak apalah namanya juga coba-coba ya ga sob :D.

Mengembalikan GRUB yang Hilang

Tenang sob, ubuntu user kan punya banyak cara untu mengatasi error didalam OS nya. Berikut caranya  sob :

1. Masukan instalasi ubuntu
Maksudnya live CD ubuntu atau live USB kedalam komputer kita seperti akan menginstall ubuntu, boleh versi berapa saja tapi saya sarankan dengan versi yang sama (agar versi grub juga sama). Lalu setelah booting ubuntu kita masuk ke mode try ubuntu.

2. Cari posisi partisi
Setelah masuk live ubuntu. kita cari posisi hardisk tempat ubuntu kita terinstal sob.

sudo fdisk -l

Perhatikan bagian kolom system, carilah yang berlabel linux dan lihat bagian device boot, disitulah lokasi hardisk ubuntu kita. Dalam kasus ini ubuntu saya terdapat di /dev/sda6.

3. Mount hardisk
Setelah kita berhasil mengetahui lokasi hardisk tempat ubuntu kita terinstall selanjutnya kita mount hardisk ubuntu kita kedalam suatu folder.

mkdir /media/root
mount /dev/sda6 /media/root

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu yang Hilang


Lihat /dev/sda6 yang berwarna merah. Nah itu harus sesuai dengan hardisk yang sudah kita cari dilangkah 2 sebelumnya, sesuaikan dengan hardisk masing-masing ya sob.

4. Install grub
Setelah langkah diatas selesai selanjutnya kita install grub di ubuntu kita.

grub-install --root-directory=/media/root /dev/sda

Nah jika tidak ada pesan error berarti grub berhasil kita install.

5. Update grub
Setelah sukses menginstall grub kita, lanjut kita update grub kita.

sudo update-grub

Lalu restart ubuntu kita dan jangan lupa cabut live CD/DVD ubuntu kita sob. Nah semoga berhasil ya sob, mudah-mudahan cara mengembalikan grub ubuntu yang hilang ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment