Cara Jalankan File Java .jar di Ubuntu

File .jar adalah kepanjangan dari java archive ya dari artinya kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa file jar ini adalah file aplikasi yang dibuat dengan mengguankan bahasa java. Biasanya file .jar ini dikhususkan untuk aplikasi handphone yang berbasis java. Tetapi untuk PC pun bisa sob, karena saya kurang faham nih bahasa java jadi ngga terlalu 'ngeh' sama output aplikasinya. 

Ada beberapa aplikasi yang saya gunakan yang berekstensi .jar ini dimaksudkan agar aplikasi bisa berjalan di berbagai platform baik windows, mac os, dan tentu teman tercinta kita linux. Karena bagi java 1 kali koding bisa untuk berbagai platform karena kita menggunakan satu eksekutor yang sama yaitu java run time environment. Makanya sebelum kita menggunakan aplikasi yang menggunakan bahasa java kita diharuskan menginstall Java JDK di Ubuntu atau menginstall Java JRE di Ubuntu

Cara menjalankan java di ubuntu tidak sulit sob. Ada dua cara yaitu via terminal dan via click hehee. Oke kita bahas satu persatu. Ingat Install dulu yah javanya

1. Via click

Maksudnya gimana nih via click? maksudnya saat di klik maka aplikasi akan muncul sob, oke kita mulai yah. Cari file .jar yang akan sobat buka disini saya ambil contoh menggunakan file xdman, yaitu download manager yang ampuh di ubuntu. Lalu saya klik kanan aplikasinya nih.

Cara Jalankan File Java .jar di Ubuntu


nah tinggal open with open jdk. Jika sobat tidak ingin open with maka klik kanan properties lalu cari java runtime atau yang sejenisnya lalu set default dengan aplikasi .jar.

2. Via terminal

Masuk ke folder dari terminal tempat aplikasi .jar kita. Setelah dibuka lalu ketikkan perintah 

java -jar nama_aplikasi.jar

Nah setelah itu lihat deh hasilnya jeng jeng..
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment