Cara Install Ubuntu Langkah demi Langkah

Cara install ubuntu, apakah susah? tenang sob ini cara mudah kok jadi ga susah-susah amat. Tapi yang perlu kita perhatikan apakah kita hanya akan menginstall ubuntu dalam komputer kita? atau kita ingin menginstall dual boot antara ubuntu dan windows? Nah nah jika sobat berniat coba-coba dan baru belajar ubuntu saya sarankan untuk menginstall dual boot, apalagi jika sobat seorang mahasiswa atau pelajar yang akan dipaksa nantinya menggunakan windows (jika lembaga tempat kita belajar mengajarkan tentunya) ini hanya tawaran sob, agar sedikit-sedikit kita mengenal ubuntu, supaya tidak kaget sob. Tapi jika sobat sudah merasa siap untuk hanya menginstall ubuntu dalam laptop/ komputer sobat maka itu lebih bagus dan hayu lanjutkan.

Cara Install Ubuntu

Oke kali ini saya akan mempraktekkan bagaimana menginstall ubuntu 14.04 dalam virtual komputer saya. Saya rasa ubuntu yang lainnya juga cara menginstallnya tidak jauh bedanaya dengan yang satu ini, saya ambil versi terbaru saat ini 14.04 LTS (**). Oke langsung saja.

Persiapan Install Ubuntu

- Hardisk lebih dari 6.3GB
- RAM minimal 1GB (rekomendasi saya)
- Instalasi Ubuntu (download Ubuntu 14.04 *versi lain cari sendiri banyak di internet). (**).

Instalasi Ubuntu

1. Jalankan instalasi
Masukkan media instalasi ubuntu kedalam komputer kita. Lalu boot di awal startup, ini ga usah saya kasih tau kan gimana-gimananya :P. Lalu tunggu sampai siap.

Cara Install Ubuntu Langkah demi Langkah

Lalu Pilih install Ubuntu, tapi jika sobat ingin mencoba terlebih dahulu bisa menggunakan fitur try ubuntu.

Cara Install Ubuntu Langkah demi Langkah

Cara Mudah Instal Ubuntu Langkah demi Langkah

Yang wajib dari requirement diatas adalah hardisk lebih dari 6.3 GB, selebihnya boleh tidak bileh iya. Saya sarankan untuk tidak konek ke internet agar proses instalasi cepat, karena jika konek ke internet maka saat instalasi akan mendownload paket-paket ubuntu, tapi jika koneksi sobat sangat cepat atau sabar menunggu ya monggo :D

2. Pilih tipe instalasi

Cara Instal Ubuntu


Terlihat ada beberapa pilihan disana diantaranya :

- Erase disk and install ubuntu : udah ngerti kan artinya? hehehe ini artinya hapus seluruh hardisk dan install ubuntu.
- Encrypt : ini untuk melindungi ubuntu kita
- Use LVM : linux volume manager, googling aja sob :P
- Something else : ini manual untuk pembagian hardisknya sob, insya allah jika sempat saya posting, tapi karena ini cara mudah jadi saya pakai cara yang tercepat yaitu erase all and install ubuntu.

3. Pilih Detail

Cara Instal Ubuntu

Nah tahap ini kita pilih negara dan bagian kita sob gunanya untuk pengaturan waktu

Cara Instal Ubuntu

Pilih keyboard, secara defaultnya ya english US

Cara Instal Ubuntu

Masukan usernae dan password untuk komputer kita

4. Tunggu instalasi selesai

Cara Instal Ubuntu

Setelah selesai instasi ubuntu, ya sudah selamat sob hehehe, sampai jumpa pada postingan dan tutorial ubuntu selanjutnya :D

NB : cara install ubuntu ini adalah cara single install hanya ubuntu saja, backup terlebih dahulu data yang ada yah sob, bila khawatir ilang nanti :P

Setelah Install ubuntu sobat bisa search di blog ini trik dan tips lainnya. Jika ada yang mau ditanyakan jangan sungkan sob bertanya saja bisa di grup atau bertanya langsung kepada saya okeh :D
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment