Mount Otomatis Hardisk Windows di Ubuntu

Cara mount otomatis hardisk windows di ubuntu saat start up sangatlah berguna sob dan ini penting bagi yang menggunakan ubuntunya dualboot dengan windows. Karena hardisk windows tidak ter-mount otomatis saat startup secara default. Karena jika kita tidak mount hardisk windows secara otomatis file yang kita gunakan misal mp3 tidak akan terload di rhythembox kita sebelum kita mount hardisk kita dan jiga pada file lainnya yang terdapat didalam hardisk windows. Sehingga kita akan kerepotan dan males untuk hanya sekedar mount hardisk. Dan kadang mount hardisk ini mengganggu karena kita harus menunggu beberapa saat sampai hardisk siap digunakan.

Mount hardisk otomatis di ubuntu tidaklah sulit. Kita hanya perlu mensettingnya. Oke langsung saja ikuti langkah-langkah berikut : 

Mount Otomatis Hardisk di Ubuntu

1. Pertama kita mount terlebih dahulu hardisk yang akan kita mount-kan secara otomatis, ini bertujuan agar kita bisa melihat hardisk kita saat dideteksi.

2. Lalu kita cek dimana lokasi hardisk kita tersimpan yaitu dengan perintah

sudo mount -v | grep media

mount otomatis hardisk windows di ubuntu saat start up


Perhatikan baris yang saya blok, itu adalah lokasi hardisk saya yaitu terletak di /dev/sda3  dan sekarang termount di file /media/hudhud/Data. Untuk mencari mana yang hardisk kita  Catat dan ingat-ingat lokasi hardisk kita.

3. Lalu umount semua hardisk kita

sudo umount -a
4. Setelah itu kita buat folder untuk menapung hardisk kita nantinya.

sudo mkdir /media/hudhud/Data 
Pada perintah  /media/hudhud/Data saya samakan dengan lokasi defaultnya jika sobat ingin lokasi foldr yang berbeda tidak masalah.

5. Registrasikan folder ke system

sudo gedit /etc/fstab

lalu isi bagian paling terakhir dengan

/dev/sda3 /media/huhhud/Data ntfs default 0 0
Lalu simpan, restart, dan lihat hasilnya.

Bagaimana udah bukan? mudah-mudahan sobat semua berhasil yah mount otomatis hardisk windows di ubuntu.
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment