Cara Membuat Hotspot Wifi atau Access Point di Ubuntu

Cara membuat hotspot wifi di ubuntu tidaklah terlalu sulit sob. Dengan membuat hotspot wifi atau access point kita bisa menshare koneksi internet diubuntu sob. Share antara komputer atau share dengan handphone android. Tentu teknik mensharenya berbeda-beda untuk setiap device. Dalam postingan ini saya akan menshare bagaimana membuat hotspot untuk perangkat PC saja, caranya berbeda jika kita ingin membuat hotspot wifi di ubuntu untuk android.

Nah sebelum membuat hotspot wifi di ubuntu saya akan jelaskan sedikit agar kita tidak hanya bisa membuat hotspot wifi di ubuntu melainkan kita tahu dasarnya sehingga jika kita akan membuat wifi kita bisa menggunakan berbagai cara.

Hotspot Wifi

Hotspot Wifi secara sederhana adalah suatu jaringan yang terhubung, jadi laptop yang terhubung kedalam internet bisa menshare koneksinya sehingga kita bisa menggunakan internet secara bersamaan. Jadi secara sederhana kita harus membuat 'jaringan' yang menghubungkan antar komputer. Jaringan yang menghubungkannya yaitu melalui media wifi dan PC yang membuat koneksinya (menyebarkan sinyal) disebut hotspot atau titik akses.

Cara Membuat Hotspot Wifi di Ubuntu

Ada beberapa cara untuk membuat koneksi hotspot atau access oint di ubuntu, disini saya akan menggunakan cara yang mudah sob, ga berbelit belit dan tidak usah banyak konfigurasi. Agar kita bisa sharing koneksi dan embuat hotspot dengan tenang hehehe. Caranya seperti dibawah ini :

1. Aktifkan wifi kita
2. Buka network di dash home
3. Setelah terbuka lalu klik use as hotspot

Cara Membuat Hotspot Wifi atau Access Point di Ubuntu


4. Setelah itu password akan muncul otomatis dan tinggal konekkan di laptop lainnya, gampang kan? selamat mencoba

Jika ada kesulitan membuat hotspot wifi atau access point di ubuntu bisa komen atau tanya sob, mudah-mudahan saya bisa menjawabnya hehehe :)
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Unknown
admin
April 15, 2015 at 9:25 PM ×

di smartphone ga bisa ya mas ???

Reply
avatar
Wong cirebon
admin
April 25, 2015 at 1:08 PM ×

ternyata lebih mudah dari yg saya bayangkan ^_^

Reply
avatar
May 31, 2015 at 7:19 PM ×

kenapa ya om, laptop aku udah 2 kali double booting win 8 sama ubuntu tpi 2 kali juga System Operasinya rusak.. -_- :'( help me om :"(

Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment