Cara Memotong dan Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Ubuntu

Cara Potong atau Gabungkan File PDF di Ubuntu tidaklah sulit sob. Bahkan sangat mudah loh hehehe. File PDF adalah kepanjangan dari Portable Document Format atau format dokumen yang bisa dibawa kemana-mana alias portable hehehe. Nah kadang kan kita sering nih telah mengconvert dokumen kedalam file pdf dan hasil konvert itu tidak sesuai atau ada yang ingin dihilangkan salah satu atau sebagian halaman, jika manual kita hapus file satu-satu tentu itu bisa buat kita musmet yah hehehe. Nah untungnya ada aplikasi yang powerfull dibuntu namanya pdf shuffler.

Fitur-fitur PDF Shuffler

  • Delete halaman tertentu
  • Rotare halaman tertentu
  • Gabungkan beberapa file pdf
  • dll

Cara Menggunakan PDF Shuffler

Cara menggunakan pdf shuffler sangatlah mudah sob, oke disini saya contohkan yah.

Hapus sebagian halaman pdf

Seblumnya kita perlu membuka filenya terlebih dahulu klik saja icon 'plus' di pojok kiri atas, disini sudah saya buka yah ceritanya, tinggal hapus saja halaman yang tidak diinginkan. Nah setelah terbuka lalu saya hapus halaman yang saya tidak inginkan dengan cara klik kanan > delete

Potong Gabungkan File PDF di Ubuntu

Rotate/Putar Halaman pdf

Rotate ini memutar halaman pdf sob, ini berguna jika halaman yang kita tulis itu harus menggunakan format tertentu misal format portrait menjadi format landscape atau sebaliknya, caranya tidaklah sulit sob karena kita hanya perlu klik kanan seperti diatas lalu pilih rotate right atau rotate left.

Atur halaman pdf

Jika kita punya file pdf yang mempunyai halaman yang kacau tidak perlu khawatir. Kita dapat mengatur halaman pada file pdf yang salah dengan aplikasi ini. Caranya mudah sob tinggal drag drop saja. Untuk lebih jelasnya cek gambar dibawah sob.

Potong Gabungkan File PDF di Ubuntu

Gabungkan file pdf

Nah ini satu lagi sob ada fitur lagi yang oke dari pdf shuffler yaitu menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu. Caranya mudah sob tinggal open file pdf pertama lalu open lagi file pdf lainnya yang akan digabungkan maka secara otomatis akan ada banyak file disitu, lalu save saja. Tidak hanya dua file pdf yang bisa digabungkan tetapi banyak file pdf ko yang bisa digabungkan.

Install PDF Shuffler

Cara installnya aplikasinya mudah sob bisa pakai perintah atau di ubuntu software center. Melalui terminal dengan mengetikkan 

sudo apt-get install pdfshuffler

Untuk ubuntu software center ya tinggal buka saja ubuntunya lalu cari pdf shuffler dan install sob

Potong Gabungkan File PDF di Ubuntu

Nah begitulah cara memotong dan menggabungkan file pdf di ubuntu sob. Semoga postingan ini bisa membantu bagi teman teman yang sedang kesulitan hehehe.
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
Jual Hijab
admin
August 28, 2014 at 10:02 AM ×

Bro kalau cara convert .doc(x) ke PDF di ubuntu server gimana ya?

Reply
avatar
August 28, 2014 at 10:32 AM ×

buka di libre office, export ke pdf. NB : ubuntu servernya instal gui sama install libre office.

Reply
avatar
siti rohanah
admin
March 28, 2015 at 6:24 PM ×

Hatur nuhun infonya kang

Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment