Error Ubuntu Saat Install Aplikasi : Encountered a section with no Package: header

Saat menginstall aplikasi di ubuntu sebenarnya kita memasukan berbagai macam paket kedalamnya sehingga kita bisa mengggunakannya. Pernah ngalamin sob ubuntu sobat error dengan keterangan sebagai berikut :

Error Ubuntu Saat Install Aplikasi : Encountered a section with no Package: header

E:Encountered a section with no Package: header,
E: Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/mx.archive.ubuntu.com_ubuntu_dists_quantal_main_i1 8n_Translation-en,
E:The package lists or status file could not be parsed or opened.

Atau error lainnya yang disebabkan ketika kita menginstall aplikasi di ubuntu. Nah jika iya saya akan menjelaskan kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana solusinya.

Penyebab Error

Penyebab error saat menginstall aplikasi ubuntu diatas adalah adanya error pada list packge yang kita masukan jadi saat si ubuntu mengeksekusi paket yang error tersebut dia tidak bisa memberikan hasil yang benar alias salah sob, nah karena alasan keamanan inilah si ubuntu tidak memperbolehkan ada satupun paket yang error. Ini juga bisa disebabkan gangguan koneksi saat kita mengupdate cache sudo apt-get update nah lalu koneksi terputus kita cancel dengan ctrl+c maka file cache yang kita dapatkan pelum sempurna sehingga paket menjadi error. Bisa juga diakibatkan memang paket yang kita masukkan sudah rusak atau tidak dipakai dan sudah tidak diurus jadi terdapat error yang dibiarkan nah ini juga bisa menyebabkan error diatas.

Solusi

Lalu apa solusinya untuk error diatas? nah karena ubuntu itu banyak perintahnya sob maka ada juga beberapa cara yang akan saya jabarkan disini, walau pada dasarnya cara-cara diatas bertujuan sama. caranya adalah sebagai berikut :

  • cara 1
Dengan menghapus list paket yang ada, bisa menghapus semuanya bisa pula menghapus sebagian, dengan perintah :

sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf

Setelah paket terhapus lalu kita build ulang list paket dengan perintah

sudo apt-get update

  • cara 2 
Jika error karena kita menginstall dpkg aplikasi maka perlu kita bersihkan terlebih dahulu aplikasi tersebut dengan perintah

sudo dpkg --remove --force-all nama_paket_aplikasi

Lalu kembali build ulang list paket dengan perintah diatas.

  • cara 3 
Jika ada error saat membuild paket maka cara ini bisa digunakan

sudo apt-get install -f

atau

 sudo dpkg --configure -a


Lalu kembali build ulang list paket dengan perintah diatas. Oke ini beberapa cara yang sering digunakan semoga berhasil sob.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
July 27, 2014 at 7:35 PM ×

Saya harap akang Habibi tidak berhenti menulis soal Ubuntu. Saya sangat menyukai adanya blog yang fokus di 1 bidang seperti ini. Saya mengerti usaha akang, dan saya persilakan akang melihat catatan pribadi saya mengenai blog-blog Linux di Indonesia ini: http://pastebin.com/pqWiyttg. Terima kasih.

Congrats bro Ade Malsasa Akbar you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment