Cara Install Less Compiler di Ubuntu [Lessc]

Oke sob kali ini postingan sobat ubuntu tentang less. tepatnya cara install less compiler di ubuntu. Nah loh apa itu less, bukan ngeless ya sob, less disini adalah tool untuk web designer, yang fungsinya untuk memudahkan pembuatan CSS, karena pada dasarnya pembuatan CSS itu secara garis besar mengulang warna-warna tertentu dan jika kita ingin mengganti warna tersebut maka kita perlu me replace semua komponen warna yang mengandung di dalam file css nya.

Cara Install Less Compiler di Ubuntu [Lessc]


Nah dengan adanya less maka pengantian warna atau komponen tertentu bisa jadi lebi mudah sob. Untuk memulai development dengan LESS cukup dengan menyertakan Javascript Less pada file html, dengan tambahan javascript itu, maka javascript ini akan memproses setiap file yang mempunyai extensi .less. Tetapi itu berfungsi untuk tahap development saja yah sob selebihnya kita harus generate .less ke file css agar bisa berjalan lebih cepat.

Okeh ada beberapa compiler less, atau singkatnya merubah file .less kedalam file .css nah ada yang GUI ada juga yang CLI, tapi disini sekarang saya akan membawakan aplikasi yang CLI saja ya sob hheee agar lebih kerasa 'linuxnya'. Kali ini saya langsung saja dari repo ubuntu. Pastikan update dulu yah cache nya pake perintah sudo apt-get update dan pastikan ubuntu sobat terasuk ubuntu yang terupdate.


sudo apt-get install node-less

Cara penggunaannya mudah yaitu buka folder melalui terminal, atau jika repot tambahkan plugin open in terminal di dalam folder, lalu ketikkan perintah

lessc file_less.less > file_css.css

sudah sob seperti itu hehehe. Selamat mencoba
Previous
Next Post »

ConversionConversion

Thanks for your comment