Cara Install Android SDK di Ubuntu

Android SDK atau Software Development Kit adalah suatu 'tools' yang berisi class-class atau bundle modul-modul tertentu untuk membuat aplikasi android. Android SDK tersedia untuk berbagai OS termasuk untuk ubuntu ini sob. Android SDK dikeluarkan resmi oleh official Android OS dan dibuat dengan menggunakan bahasa java. Didalam Android SDK terdapat beberapa komponen penting yang terdapat didalamnya diantaranya adalah : 

Cara Install Android SDK di Ubuntu


  • Eclipse + ADT plugin
Eclipse adalah salah satu IDE untuk pemrograman, tetapi lebih dikenal sebagai IDE java. Dengan eclipse kita bisa menambahkan plugin yaitu program tambahan untuk dijalankan dalam IDE. Eclipse menjadi IDE yang dipilih oleh pihak pengembang Android untuk menjadi IDE utama dalam Android SDK mungkin salah satunya karena eclipse ringan dan mendukung plugin ya sob. Selain itu dalam bundle ini juga terdapat ADT plugin, apa itu? ADT plugin itu kepanjangan dari Android Development Tool ya singkatnya ini lah bundel modul atau class yang akan kita gunakan nanti untuk membuat aplikasi android.
  • Android SDK Tools
Android SDK (software development kit) ini berfungsi sebagai 'mesin' yang menjalankan software android. Ya mirip-mirip JDK untuk menjalankan program java.
  • Android Platform-tools
Nah ini berisi platform atau versi android. Jadi dalam pembuatan aplikai kita bisa memilih versi apa yang akan kita gunakan. Kita juga bisa mengtest dengan menggunakan platform yang kita inginkan.
  • The latest Android platform
  • The latest Android system image for the emulator
Dua itu sih paham lah ya, dari bahasanya juga udah keliatan :-P

Oke sekarang saatnya pada tahap instalasi Android SDK di ubuntu. Sebelum itu saya akan memberitahukan bahwa ada beberapa cara dalam penginstalan android SDK di ubuntu. Nah karena cara yang lain ribet saya ga bakal bahas disini hehehe.. Saya memilih menjelaskan yang udah 1 paket saja ya sob begini cara menginstall android SDK di ubuntu :

2. Pastikan sudah menginstall JDK di ubuntu silahkan (Install java JDK di Ubuntu | install Open JDK di Ubuntu)
3. Extrak dimana saja.
4. Lalu buka deh Android SDK nya biasanya iconnya berwarna hijau sob.
5. Selesai

Selamat mencoba sob hehehe.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
July 3, 2014 at 3:46 PM ×

Saya coba dulu gan, semga berhasil. Penasaran juga bisa menjalankan Android di Ubuntu...

Congrats bro androidtermurah.com you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment