Geary, E-mail Client Pengganti Thunderbird


Sejak Mozilla Foundation membuat strategi untuk fokus pada ekosistem aplikasi web dan platformnya, aplikasi – aplikasi yang menurut Mozilla tidak sesuai dengan misi Mozilla akhirnya diputuskan untuk dihentikan. Hal ini ternyata berdampak pada aplikasi e-mail client yang sangat populer di Linux bahkan sudah menjadi bawaan beberapa distro populer, seperti Ubuntu.

Geary, E-mail Client Pengganti Thunderbird


Thunderbird sudah dihentikan terhitung sejak terakhir rilis versi 17.0, namun demikian Mozilla tetap menjamin dukungan update berkala yang meliputi keamanan dan perbaikan Thunderbird dengan batas waktu yang ditentukan. Namun, tidak ada upgrade versi lagi yang membawa berbagai fitur – fitur baru.
Walau demikian, Ubuntu rilis 13.04 Raring Ringtail tetap membawa Thunderbird sebagai e-mail client bawaan, yakni menggunakan versi 17.0.5.

Banyak alternatif pengganti Thunderbird untuk Linux, salah satunya Geary. Geary dikembangkan oleh Yorba dengan bahasa Vala. Vala adalah bahasa yang digunakan khusus untuk mengembangkan aplikasi berbasis GNOME. Karena berbasis GNOME sehingga Geary saat ini hanya tersedia untuk distro dengan antarmuka GNOME saja.

Keunikan dari Geary adalah antarmukanya yang interaktif, simpel, namun tetap lightweight alias ringan, sehingga cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah yang tetap menginginkan tampilan yang indah.

Geary mendukung banyak e-mail service, seperti Yahoo! Mail dan Gmail. E-mail populer lainnya seperti Microsoft Outlook.com harus mengkonfigurasi secara manual karena Geary belum mengkonfigurasi Outlook.com dari aplikasinya sendiri.

Geary mendukung banyak e-mail service sehingga dapat menampung banyak akun dalam satu aplikasi.
Informasi e-mail masuk dapat diketahui dengan cepat karena Geary sudah memanfaatkan fitur notifications Ubuntu lengkap dengan suara.

Untuk mengecek berapa e-mail yang masuk tidak sulit karena sudah terintegrasi dengan Menu Message Ubuntu, jadi hanya perlu buka menu message maka jumlah e-mail yang masuk akan tampil.

Saat ini Geary masih dalam tahap pengembangan sehingga belum tersedia di repository Ubuntu. Bagi yang ingin mencicipi Geary dapat menambahkan PPA Geary . Berikut cara instalasi Geary.

sudo add-apt-repository ppa:yorba/ppa
sudo apt-get update && sudo apt-get install geary
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Yudi
admin
August 31, 2013 at 7:59 AM ×

nah ini kandidat utama kalo dukungan thunderbird udah dihentikan.. :D

Reply
avatar
yudi
admin
March 25, 2014 at 11:24 AM ×

di laptop saya Geary gak bisa konek kalau internetnya menggunakan modem USB dengan wvdial.. Mas Habibi punya solusinya?

Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment