Install OpenJDK JRE di Ubuntu

Install OpenJDK JRE di Ubuntu

Selain JRE secara resmi dari Oracle, komunitas open source pun melalui OpenJDK merilis OpenJDK JRE. Keduanya punya fungsi sama untuk menjalankan aplikasi berbasis Java. (.jar), seperti aplikasi XDman.

OpenJDK JRE memiliki kelebihan antara lain mudah diinstall, karena terdapat dalam bawaan repository. Bahkan paket OpenJDK JRE sudah tersedia secara pre-installed di Ubuntu Business Remix. Dan juga memiliki kemampuan mengeksekusi aplikasi Java hanya tinggal mengklik dua kali.

OpenJDK JRE mengikuti perkembangan JRE, sehingga versinya pun mengikuti. Namun OpenJDK JRE tidak dirilis secepat JRE, ketika JRE dirilis beberapa waktu kemudian baru OpenJDK menerbitkan versi terbaru yang mengikuti versi terbaru JRE.

Saat ini versi terbaru OpenJDK JRE sesuai dengan versi terbaru JRE yaitu 1.7.0.21 dan tersedia dalam repository Ubuntu 12.04 LTS dan Ubuntu 13.04. Berikut cara install OpenJDK JRE

sudo apt-get install openjdk-7-jre

Catatan : Sebenarnya OpenJDK juga menyediakan JDK, namun karena tidak stabil dan source codenya hanya menyerupai saja sehingga sangat riskan jika digunakan untuk mengembangkan aplikasi. OpenJDK pun hanya dioptimalisasi untuk Linux, sehingga dimungkinkan memiliki masalah kompabilitas terhadap OS lain, seperti OS X dan Windows.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Anonymous
admin
May 16, 2013 at 12:24 PM ×

saya dah punya jdk yg dri oracle, klo mau install yg openjdk yg jdk dri oracle hrus di hapus dlu apa tidak?

Reply
avatar
Unknown
admin
May 16, 2013 at 3:51 PM ×

bebas, tidak harus. Nanti Insya Allah akan di posting bagaimana memilih jre yang di pakai di ubuntu. Tunggu yaa :)

Reply
avatar

ConversionConversion

Thanks for your comment